Diary Fans

Hal Aneh Tentang Kpop

Saya adalah salah satu pecinta Korea, tanpa mengabaikan cinta saya terhadap Indonesia. Atas dasar kecintaan saya terhadap multikultural yang ada di dunia ini, saya menganggap banyak hal di belahan bumi lainnya luar biasa, termasuk Korea.

Kali ini saya akan bercerita atas kegemaran saya terhadap musik Korea. Ini lucu, setidaknya bagi saya. Kpop-lovers tentunya mengerti perasaan saya. Ketika kemarin Baekhyun, salah satu personal EXO (boyband asal Korea), diumumkan.. eh, maksud saya diberitakan berpacaran dengan Taeyeon, personal SNSD (girlband asal Korea). Saya minta maaf sekali untuk pembaca yang tidak mengerti hal ini. Intinya, saya hanya ingin mengungkapkan perasaan saya soal berita kemarin.

Ketika mendengar berita ini saya bahagia. Sebagai salah satu fans Baekhyun, jelas saya harus merasa bahagia. Bagaimana tidak? Seorang artis yang saya idolakan menemukan pujaan hatinya, berpacaran pula. Bagi saya, toh dia bukan orang Islam, jadi tidak masalah. Oke, itu adalah reaksi spontan yang saya miliki. Pastinya, saya harus ikut berbahagia. Ini baru ketika saya membaca tulisan headline-news di salah satu situs tentang Korea. Ketika saya mulai membaca berita, kecewa ternyata saya. Dengan semua pikiran bahagia yang saya miliki, ternyata saya tidak cukup kuat untuk ikut berbahagia.

Saya melihat foto-foto yang diambil salah satu media online Korea. Ugh, makin hancur hati saya. Berpikir bahwa berita tersebut hanya kebohongan belaka hanya membuat saya sakit hati. Saya membaca beberapa komentar yang muncul di situs tersebut. Banyak yang turut berbahagia, banyak juga yang menyatakan keberatannya. Kekecewaan ditunjukkan oleh kedua belah pihak, fans EXO, juga fans SNSD. Jika diakumulasikan mungkin lebih banyak fans EXO yang kecewa, berhubung banyak fans musik Korea adalah perempuan. Banyak juga yang menyatakan kekesalannya terhadap fans yang membenci kenyataan bahwa Baekhyun dan Taeyeon berpacaran. Mereka juga punya hidup dan anggota SNSD sudah berada ada umur di mana mereka seharusnya berpacaran dan menikah. Kisaran umur anggota SNSD ada pada 23-26 tahun, Taeyeon adalah yang tertua, umurnya 26 tahun. Sedangkan anggota EXO memiliki umur pada rentang 20-24 tahun, Baekhyun berumur 22 tahun ini. Taeyeon memilih hoobaenya, yang lebih muda. Mengapa di antara semua idol di Korea, Baekhyun memilih Taeyeon? Mengapa juga sebaliknya? Oh Tuhan, kadang saya habis pikir mengapa semuanya terjadi.

Saya bersyukur berita ini baru sampai di mata setelah empat bulan mereka berpacaran, meskipun beritanya baru muncul kemarin kemarin lusa malam (18/6). Jika seperti berita Kris, anggota EXO juga, yang mengumumkan keputusannya untuk keluar dari SM Entertainment (tempat EXO dan SNSD bernanung) sebelum pengumuman UN kemarin, bisa kacau saya. Berita Kris saja sudah membuat saya cukup uring-uringan dengan alaynya. Saya cerita kepada semua orang yang saya temui di sekolah, teman-teman seangkatan tentunya. Saya dan Shofi (teman sesama fans EXO, lebih dulu malah), sempat terduduk lemas saat disodori berita tersebut di koran. Diam, kami hanya terpaku di kursi perpustakaan. MA kami menyediakan koran Jakarta Post dan salah satu sudutnya menyediakan breaking news dari Kris. Setelah itu kami mulai berkomentar, “Shof, Kris mau keluar.” “Zah, gimana ini?” kata Shofi. Kami kecewa tentunya. Mulailah kekesalan kami langsung terdengar ke semua teman di asrama. Maklum, hampir semua teman di asrama mulai mengakui keberadaan kami, KCK, Klub Cinta Korea. Haha, ketawa juga saya akhirnya. Teman sekelas tidak ketinggalan mengenai berita ini. Hancur rasanya, karena itu setiap orang perlu sedih. Kayak ada yang meninggal aja ya, turur berduka cita gitu.

Itu baru Kris. Beberapa waktu setelah itu saya masih uring-uringan. Membaca beritanya di situs Korea kepercayaan saya makin membuat saya kecewa. Aduh, kesannya benar-benar berlebihan, ya. Tapi itulah yang saya rasakan saat itu. Beberapa hari setelahnya tetap demikian. Tanggapan fans lain juga sama seperti berita Baekhyun dan Taeyeon, ada yang setuju dan ada yang tidak. Bayang-bayang EXO menjadi sebelas orang seringkali terlintas saat belajar. Sedih sekali rasanya. Apalagi lagu EXO masih dengan indahnya bernyanyi di music box yang selalu menemani tiap saya belajar. Mendengar lagu Kris saya mulai jejeritan aneh. Beberapa waktu kemudian saya menyadari bahwa itu adalah kehidupan Kris. Kemudian saya mulai terbiasa dengan berita tentang Kris. Cukup sudah saya dengan berlebihannya menyukai EXO. Saya mulai beralih ke lagu-lagu lain yang juga menyenangkan di telinga saya.

Aneh? Tentu saja. Memikirkan perasaan saya saat ini saja membuat saya pingin ketawa. Seorang teman laki-laki bertanya “Masbuloh (masalah buat loh)?” yang niatnya pasti mengejek saya. Sebenarnya bukan masalah bagi saya. Perasaan yang ada di hati saya mungkin tidak dapat dijelaskan, tetapi mungkin akan lebih mudah diumpamakan. Jika kita memiliki seseorang yang kita sukai, padahal kita sudah menyatakan kalau kita menyukai dia, namun dia justru berpacaran dengan orang lain, bagaimana perasaan kita? Pasti keki berat. Nah, dalam hal ini orang yang saya sukai adalah Baekhyun. Mungkin bukan hanya saya, namun juga fans Baekhyun yang lain. Dengan banyak fans yang sudah menyatakan rasa sukanya, Baekhyun malah berpacaran dengan Taeyeon. Saya tentunya tidak dapat mengingkari bahwa Taeyeon jauh, jauuuh, lebih cantik daripada saya, meskipun lebih tua dari Baekhyun. Tetapi, saya tetap kecewa. Sampai saat ini pun saya masih merasa tertekan.

Hari ini SM Ent. mengonfirmasi berita tersebut. Oh, makin hancur hati saya. Kakak sepupu yang juga pecinta Korea ikut kecewa. Inilah hal aneh yang dirasakan oleh pecinta Korea seperti saya. Idol pacaran, sakit hati. Kalau menikah, saya benar-benar bahagia, berarti mereka last long­-lah bahasanya. Sudahlah, pacaran itu adalah hak orang dan saya tidak merasa pantas untuk ikut campur. Dia punya penggemar, itu masalah lain. Pada akhirnya saya tidak ikut berkomentar apa-apa di situs saya membaca berita Baekhyun. Setelah berita pacaran, berita lainnya muncul. Baekhyun pernah minum-minum saat berumut enam belas tahun, permintaan maaf dari Taeyeon, juga berita mereka berciuman karena memang di salah satu gamber terlihat ‘hampir’ demikian.

Ketika saya menulis ini pun, saya masih berusaha mengalihkan perasaan buruk saya, tidak baik untuk hati saya, hehe. Siapa pun pasti pernah merasakan sakit hati. Bukan berarti saya tidak menyukai laki-laki Indonesia, saya berharap pembaca tidak berpikiran demikian. Untuk pasangan sehidup-semati saya haruslah orang Indonesia, yang mau mengerti saya menyukai lagu Korea tentunya.

Sip, ini tulisan saya hari ini. Semoga pembaca yang masih bingung mengapa pecinta Korea bisa uring-uringan karena biasnya pacaran dapat mengerti setelah membaca tulisan saya.

Zahra, 20 Juni 2014

22.29 WITA

Leave a Reply

