Diary Kakak

Tentang Siklus Bulanan dan Adik Kecil

Anak kecil selalu menyenangkan untuk diperhatikan. Di masa emasnya, selalu ada kelucuan yang tidak bisa ditebak oleh orang dewasa. Begitu juga adik bungsu laki-laki, adik Shaleh yang baru berumur lima tahun.

Keluarga saya selalu memiliki waktu untuk berbincang satu sama lain. Paling sering adalah setelah shalat dan wirid, sebelum memulai aktifitas masing-masing. Tadi malam, setelah saya kembali dari berwudhu sebelum tarawih, ada berita bahwa salah satu jaliyat (pusat dakwah) yang ada di Riyadh akan mengadakan umrah gratis. Alhamdulillah. Setelah belasan hari di Riyadh, akhirnya ada kesempatan untuk melihat Ka’bah lagi. Saya, Ummi, Adik Aisyah, dan Adik Shaleh yang ada di rumah tahu berita tersebut lebih dulu. Ini karena Abi dan dua adik laki-laki masih shalat tarawih di masjid.

Setelah itu, terjadi percakapan mengenai datang bulan (haid, mestruasi, men). Sebelumnya saya minta maaf jika ada yang tersinggung atau merasa tidak enak dengan postingan ini. Nah, percakapan yang terjadi kira-kira seperti ini:

Ummi : Ummi takut men nih, belum men soalnya. Padahal sudah waktunya.

Saya : Iya, ka imah juga. Padahal harusnya sudah.

Aisyah : Icah sih belum men, hehe.

Shaleh : (dengan muka lucu dan lidah cadelnya) Taleh duda delum men. Tapi Taleh ngda mau men. Taleh tan laki-laki.

Ummi, Aisyah, dan saya yang baru memasang mukena langsung tertawa. Aduh, ada-ada saja candaan adik saya yang satu ini. Di satu sisi dia tahu bahwa laki-laki tidak akan mengalami menstruasi, melihat hanya anggota keluarganya yang perempuan saja yang ribut soal hal ini. Di sisi lain dia mengira bahwa semua orang akan mengalami menstruasi. Adik kecil kami memang masih berusia lima tahun. Doakan dia tumbuh sehat dan cerdas, Amiin.

Leave a Reply

